Sekarang, CCTV menjadi hal penting bagi sebagian orang. Khususnya orang-orang yang memiliki aset berharga, baik itu aset pribadi maupun perusahaan. Karena, Closed Circuit Television atau CCTV memiliki banyak fungsi. Kira-kira, apa saja fungsi CCTV dan manfaatnya bagi aset pribadi dan perusahaan?

Fungsi CCTV Bagi Aset Pribadi dan Perusahaan

Fungsi dan Manfaat CCTV

Tentu, bagi sebagian orang yang sudah menggunakan CCTV, sudah tahu apa saja fungsi dan manfaat CCTV. Namun, bagi sebagiannya lagi yang baru akan memasangnya, pasti bertanya-tanya “memangnya apa saja fungsi dan manfaat memasang CCTV, khususnya bagi aset pribadi dan perusahaa”?

  1. Meningkatkan Keamanan

Banyak orang sudah membuktikan efektifnya alat ini untuk menjaga keamanan. Lantaran, segala aktivitas yang jaraknya bisa dijangkau oleh CCTV, akan terekam dengan baik.

Rekaman ini berguna sebagai bukti oleh kepolisian, manakala terjadi tindak kejahatan. Agar, para pelaku kejahatan segera ditangkap.

Nah, daripada berurusan dengan ranah hukum, para pelaku tindak kejahatan ini lebih memilih mengurungkan niatnya untuk mencuri aset berharga. Dengan begitu, keamanan rumah dan perusahaan akan lebih terjaga.

  1. Memantau Segala Aktivitas

Tidak hanya untuk menjaga keamanan., alat ini juga bisa untuk memantau aktivitas harian. Apa saja yang orang-orang lakukan, akan terekam di kamera CCTV.

Anda bisa memasangnya secara terang-terangan atau diam-diam ketika ada suatu hal yang mencurigakan. Misalnya, ketika seorang karyawan mencuri barang berharga perusahaan, tangkaplah secara rahasia segala gerak-geriknya melalui kamera CCTV yang ukurannya kecil tersebut untuk menyelidiki kebenarannya.

  1. Mengawasi Anggota Keluarga

Untuk Anda yang WFO (Work From Office), pasti merasa khawatir jika harus meninggalkan anak kecil yang dirawat baby sitter. Secara, anak adalah aset berharganya Anda.

Daripada perasaan tidak tenang dan pikiran kemana-mana yang bisa berdampak pada kinerja, lebih baik Anda memasang CCTV di rumah. Karena, Anda bisa mengawasi si kecil dengan baby sitternya menggunakan HP, tablet, laptop, walau Anda tidak berada di rumah.

  1. Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Di dunia kerja, tidak semua karyawan bekerja dengan maksimal. Ada juga karyawan yang malas-malasan.

Untuk meminimaslisir hal negatif tersebut, Anda bisa memasang CCTV di area kerja. Agar produktivitas karyawan semakin meningkat, karena merasa selalu ‘ada bos’ yang memantau di hadapannya.

  1. Menjaga Aset Perusahaan

Aset perusahaan ada banyak jenisnya. Mulai dari aset berwujud dan tidak berwujud. Bahkan, aset yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

Keberadaan aset perusahaan menjadi hal krusial yang harus selalu dijaga. Karena, apabila rusak, hilang, akan membahayakan sekaligus mengancam kelangsungan bisnis perusahaan itu sendiri.

Salah satu upaya penjagaannya adalah memasang CCTV. Coba jika uang di brankas perusahaan yang tidak ada CCTVnya berhasil dicuri oleh penjahat? Padahal uang itu untuk operasional perusahaan.

Itulah fungsi CCTV sekaligus manfaatnya bagi aset pribadi dan perusahaan yang perlu Anda tahu. Sederhananya, fungsi CCTV untuk mengawasi, memantau, dan menjaga keamaan. Apabila CCTV bekerja dengan baik, maka akan bermanfaat untuk penggunanya.

Sudah terpikirkan untuk memasang CCTV di rumah atau kantor? Hubungi LC IT Solution untuk konsultasi pemasangan CCTV.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *